Cara Memilih Jurusan Kuliah Anti Galau Sesuai Minat Bakat

Kebingungan memilih jurusan kuliah sudah menjadi makanan bagi para siswa di bangku Menengah Atas alias SMA/SMK/MA. Ada banyak kekhawatiran yang menjadi faktor kebingungan ini. Salah satunya, takut tidak sesuai dengan minat dan bakat. Karena akan ada penyeselan jika tidak sesuai dengan kemampuan secara pribadi.

Lantas, ada cara yang perlu dipelajari untuk mengenali minat dan bakat dari diri seseorang. Bagi para siswa kelas 12 yang akan menghadapi segala jenis ujian khususnya tes masuk kuliah, mempersiapkan pilihan adalah terpenting. Oleh karena itu, agar tidak salah dalam memilih jurusan kuliah yang tepat bisa dengan cara dibawah ini.

1.      Mencari Sesuatu Paling Disukai dan Menuliskannya

Karena banyaknya mahasiswa yang merasa salah masuk jurusan, akhirnya disarankan untuk benar-benar mengenali jurusan sebelum mendaftar. Untuk menghindari kemungkinan ini, maka cobalah untuk mencari sesuatu yang paling Anda sukai. Cara pertama yaitu dengan pisahkan hal-hal yang tidak ingin dilakukan. Kemudian, tentukan sesuatu yang sangat disukai dan bisa dilakukan setiap hari.

Harus diingat, kuliah akan dilakukan selama beberapa tahun di setiap harinya. Oleh karena itu, sesuatu yang disukai dan bisa dikerjakan setiap hari menjadi poin penting. Jika sudah mengetahui hal paling disukai, tulis ke dalam sebuah kerta untuk membuat Anda semakin mengenalinya. Apakah ini sudah sesuai dengan diri sendiri atau tidak.

2.      Mengikuti Tes Minat dan Bakat Sebelum Pilih Jurusan Kuliah

Jika ingin lebih mengenali bakat dan minat dari dalam diri, maka tidak ada salahnya untuk mencoba tes yang berkaitan. Ini langkah termudah dan umumnya akan terbagi menjadi tiga bagian pertanyaan. Dimana ketiganya adalah aktivitas kesukaan, kemampuan, dan profesi yang disukai. Setelah menjawab semua pertanyaan, akan diperlihatkan bagaimana ketertarikan dari diri Anda.

3.      Lebih Mendalami Hobi

Keinginan untuk kuliah sesuai passion bisa dimulai dengan mengetahui hobi pribadi. Akan ada titik terang mengenai bakat terpendam dari setiap orang. Karena itu, mencoba mendalami hobi tidak boleh disepelekan. Pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan hobi Anda. Ini tidak akan jauh-jauh dari bakat dalam diri Anda.

4.      Rekomendasi Role Model

Anda mungkin akan bertanya-tanya, bagaiman bisa seorang role model menentukan pilihan jurusan? Nah, role model atau panutan dalam hidup seseorang bisa meningkatkan motivasi yang luarbiasa. Lihat bagian apa dari orang tersebut yang akhirnya memberikan inspirasi secara spesifik. Ini bisa dijadikan sebagai kunci dari minat bakat terpendam dalam diri.

5.      Bersumber Dari Rasa Iri

Rasa iri sangat erat kaitannya dengan hal negatif, tetapi tidak selamanya begitu. Ternyata rasa iri bisa dijadikan sebagai sumber untuk menemukan passion dalam diri. Karena seseorang akan melihat aspek yang ingin diraih, sehingga membuatnya terdorong atau termotivasi. Eits, tetapi kali ini dengan cara positif untuk diterapkan ya.

6.      Mempelajari Jurusan yang Dipilih

Sebelum masuk, ada baiknya untuk mengenali bagian-bagian didalamnya terlebih dahulu. Ini bukan hanya ketika akan masuk pada sebuah bangunan atau gedung saja. Tetapi juga menjadi poin penting bagi para siswa ketika hendak memilih jurusan. Ada banyak jurusan kuliah yang berbeda di masing-masing kampus. Oleh karena itu, jangan hanya melihat nama jurusan saja, tetapi juga bisa melihat pelajaran ke depannya.

Ada tips khusus untuk satu ini yaitu dengan melihat jurusan dari pengenalan kampus yang diselenggarakan di sekolah. Bertanyalah sebanyak yang dibutuhkan dan diinginkan pada pihak kampus. Gambaran penting mengenai pelajaran yang akan dipelajari jangan sampai ketinggalan ya.

7.      Peluang Kerja Kedepannya

Banyak yang memimpikan sebuah pekerjaan terbaik di masa depan setelah lulus kuliah bukan? Nah, ternyata tidak sedikit juga orang yang akhirnya bekerja berbeda dengan jurusan kuliahnya. Lihat perkembangan dunia arahnya akan kemana saat akan memilih jurusan perkuliahan. Ini bisa menjadi data terbaik untuk peluang besar pekerjaan di masa depan setelah lulus.

8.      Peluang Masuk Jurusan Kuliah

Selanjutnya adalah tips terbaik yang juga sering disampaikan oleh para guru di sekolah. Ada baiknya untuk melihat seberapa besar peluang masuk ke jurusan tersebut. Pasti Anda sudah tahu, bahwa ada banyak pesaing yang akan memilih satu jurusan sama dengan Anda. Disinilah, informasi peluang yang ada dari berbagai sumber bisa dimanfaatkan.

Biasanya, seorang siswa juga bisa mendapatkan sumber ini dari tempat bimbingan belajarnya diluar sekolah. Karena para guru akan mengingatkan serta memberi penjelasan bagaimana pesaing-pesaing yang ada di setiap tahunnya. Sehingga, para siswa akan jauh lebih mengerti untuk menetapkan peluang tersebut pada pilihannya nanti. Anda tidak akan galau lagi dengan cara ini.

9.      Konsultasi dan Bertanya Pada Orang Berpengalaman

Cara terakhir jika merasa masih sangat kurang dengan semua yang ada diatas adalah berkonsultasi. Temukan orang yang lebih berpengalaman dalam hal penentuan jurusan kuliah ini. Bisa saja yang awalnya tidak suka ternyata disitu bakan dan minat terpendam Anda. Diskusikan apa yang menjadi keinginan Anda pada orang tersebut.

Berkonsultasilah dengan beberapa orang untuk mendapatkan kesimpulan terbaik yang bisa diambil. Orang yang lebih berpengalaman telah melewati masa-masa bingung menentukan jurusan perkuliahan. Maka dari itu, pilihan kakak kelas atau saudara bisa menjadi cara tepat. Jangan takut, karena pada akhirnya Anda sendiri yang memutuskan keinginan dan kemauan berkuliah dimana.

Jika tidak mempercayakan orang-orang terdekat Anda, maka cara yang paling bisa dipakai adalah bertemu atau berkonsultasi di tempat bimbingan belajar. Ada banyak tutor dengan pengalaman yang sudah sangat beragam dan banyak untuk ditanyai. Dengan senang hati, para tutor atau guru akan memberikan saran terbaiknya bagi Anda.

Cara ini juga sudah dipakai oleh banyak siswa yang memilih Super Camp Alumni UI sebagai tempat bimbingannya. Ingin masuk ke kampus-kampus terbaik di Indonesia sekeren UI? Bimbingan bersama Super Camp Alumni UI adalah solusi terbaiknya. Disini ada banyak sekali pilihan program yang bisa diikuti untuk bisa tembus ke jurusan pilihan Anda.