Cara Menghitung Putaran Gearbox

Gearbox berfungsi untuk mengatur laju kendaraan sehingga sebuah alat atau kendaraan dapat berjalan sesuai kecepatan yang diinginkan. Dalam sebuah gearbox terdapat berbagai komponen yang mendukung kinerja gearbox agar motor dapat berjalan sesuai keinginan. Tanpa gearbox, Anda tidak akan bisa mengatur kecepatan mesin dengan mudah.

Untuk mengukur kecepatan putaran gearbox diukur menggunakan torsi. Torsi gearbox bekerja dengan mempertimbangkan daya dan kecepatan. Torsi sendiri adalah besaran yang menyatakan gaya dorong yang dapat diproduksi oleh sebuah mesin. Karena itu, torsi gearbox di mobil berfokus pada akselerasi dan percepatan.

Dalam sistem transmisi, perbandingan rasio gearbox digunakan untuk memperbedikan kecepatan yang dapat dicapai saat perubahan terjadi. Oleh karena itu, menghitung torsi gearbox membantu kendaraan mencapai kecepatan dan momen putar mesin yang sesuai dengan kondisi jalan saat berkendara.

Cara menghitung putaran gearbox dapat dilihat di ulasan di bawah ini.

Apa Itu Gearbox?

Sebelum membahas tentang cara menggunakan atau cara menghitung perputarannya, mari ketahui dulu tentang gearbox itu sendiri.

Gearbox adalah komponen yang digunakan dalam bidang industri atau permesinan. Dengan demikian, penggunaannya tidak hanya terbatas pada kendaraan saja.

Komponen ini bertugas untuk mengalirkan tenaga penggerak ke mesin yang akan diaktifkan. Ada dua alasan utama mengapa gearbox penting: pertama, gearbox berfungsi untuk memperlambat kecepatan putaran dari tenaga dinamo motor atau mesin diesel. Kedua, gearbox berfungsi untuk memperkuat tenaga putaran yang dihasilkan oleh diesel atau dinamo.

Jika sebuah mesin tidak memiliki gearbox, maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel atau dinamo motor elektrik tidak bisa dikendalikan.

Selain digunakan pada motor, gearbox juga diterapkan pada mesin conveyor di bandara, sehingga kecepatan mesin conveyor dapat diatur melalui gearbox agar bisa diperlambat atau dipercepat. Penggunaan gearbox secara umum adalah untuk mesin-mesin di pabrik, perikanan, pertambangan, dan untuk memperkuat tenaga dari elektrik motor.

Cara Menghitung Putaran Gearbox

Satuan putaran gearbox biasa disebut dengan RPM (rotation per minute), yaitu jumlah putaran atau rotasi per menit. Sebuah gearbox umumnya memiliki beberapa besar RPM, seperti: 3000 RPM, 1500 RPM, 1000 RPM, dan 500 RPM. Gearbox yang digunakan pada mesin pabrik atau kendaraan memiliki besaran RPM yang berbeda-beda.

Torsi gearbox memiliki rasio atau perbandingan antara roda gigi yang saling bersinggungan. Perbandingan ini ditentukan oleh jumlah mata gigi, seperti 2, 4, atau 5 gigi. Perhitungannya dilakukan pada bagian transmisi dengan menggunakan kombinasi gigi (4 atau 5) pada setiap tingkat percepatan.

Dengan demikian, rasio torsi gearbox ditentukan oleh perbandingan gigi itu sendiri. Perlu diketahui bahwa torsi gearbox merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga (speed reducer) yang berfungsi untuk mengalirkan tenaga ke mesin lain sehingga dapat bergerak dan menghasilkan putaran.

Alat ini sangat dibutuhkan untuk menyesuaikan daya dari mesin yang berputar agar dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar. Beberapa metode yang biasa dilakukan untuk menghitung torsi gearbox yaitu dengan:

Menghitung menggunakan rasio kecepatan,
Menghitung menggunakan rasio pulley pada motor listrik, dan
Menghitung rasio spocket.

Rekomendasi Jual Gearbox Gearmotor

Untuk Anda yang ingin mencari tempat jual gearbox gearmotor, Anda bisa mencarinya di PT. Sarana Teknik yang menyediakan berbagai kebutuhan transmisi tenaga mekanik & produk motor listrik, termasuk gearbox gearmotor dan Ring Blower Chuan Fan Turbo dengan kualitas yang terbaik dan harga yang termurah.