Tentang Wisata Jatiluwih

Taukah Anda tentang tentang wisata jatiluwih. Siapa yang tak suka berwisata? Bepergian mengunjungi tempat-tempat tertentu sambil menikmati pemandangan yang menarik merupakan kegiatan yang disukai banyak orang. Anda bisa melakukannya seorang diri, atau bersama orang-orang terdekat.

Dalam kegiatan yang menyenangkan ini, beberapa orang mungkin masih belum mengetahui apa pengertian wisata itu sendiri. Mungkin ada yang beranggapan pengertian wisata adalah berlibur, atau ketika mengunjungi tempat-tempat tertentu.

Jika berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wisata adalah kegiatan bepergian bersama-sama dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, bersenang-senang, dan sebagainya, atau bertamasya.

Sedangkan, menurut World Tourism Organization (WTO), pengertian wisata memiliki arti sebuah aktivitas perjalanan dan tinggal selama beberapa waktu di suatu tempat yang bukan tempat tinggalnya.

Untuk mendapatkan pembahasan lebih lanjut, berikut kami telah merangkum penjelasan tentang pengertian wisata dan juga jenis-jenis wisata yang dikutip dari beberapa sumber.

Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Pada tahun 2009, pariwisata menempati urutan ketiga dalam hal penerimaan devisa setelah komoditas minyak dan gas bumi serta minyak kelapa sawit. Berdasarkan data tahun 2016, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebesar 11.525.963 juta lebih atau tumbuh sebesar 10,79% dibandingkan tahun sebelumnya.

Kekayaan alam dan budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata di Indonesia. Alam Indonesia memiliki kombinasi iklim tropis, 17.508 pulau yang 6.000 di antaranya tidak dihuni, serta garis pantai terpanjang ketiga di dunia setelah Kanada dan Uni Eropa

Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar dan berpenduduk terbanyak di dunia. Pantai-pantai di Bali, tempat menyelam di Bunaken, Gunung Rinjani di Lombok, dan berbagai taman nasional di Sumatra merupakan contoh tujuan wisata alam di Indonesia. Tempat-tempat wisata itu didukung dengan warisan budaya yang kaya yang mencerminkan sejarah dan keberagaman etnis Indonesia yang dinamis dengan 719 bahasa daerah yang dituturkan di seluruh kepulauan tersebut.

Baca Juga : tentang wisata jatiluwih Lainnya

Candi Prambanan dan Borobudur, Toraja, Yogyakarta, Minangkabau, dan Bali merupakan contoh tujuan wisata budaya di Indonesia. Hingga 2010, terdapat 7 lokasi di Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia. Sementara itu, empat wakil lain juga ditetapkan UNESCO dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia yaitu wayang, keris, batik dan angklung.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, sebelas provinsi yang paling sering dikunjungi oleh para turis adalah Bali sekitar lebih dari 3,7 juta disusul, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatra Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatra Selatan, Banten dan Sumatra Barat.

Sekitar 59% turis berkunjung ke Indonesia untuk tujuan liburan, sementara 38% untuk tujuan bisnis. Singapura dan Malaysia adalah dua negara dengan catatan jumlah wisatawan terbanyak yang datang ke Indonesia dari wilayah ASEAN. Sementara dari kawasan Asia (tidak termasuk ASEAN) wisatawan Tiongkok berada di urutan pertama disusul Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan India. Jumlah pendatang terbanyak dari kawasan Eropa berasal dari negara Britania Raya disusul oleh Belanda, Jerman dan Prancis.

Pengelolaan kepariwisataan, kebijakan nasional, urusan pemerintahan di bidang kebudayaan dan kepariwisataan di Indonesia diatur oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia

Pengertian Wisata

Menurut Harahap (2018), pengertian wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara objek wisata merupakan tempat yang menjadi pusat daya tarik dan dapat memberikan kepuasan khususnya pengunjung.

Kemudian menurut pendapat dari Koen Meyers (2009), pengertian wisata adalah sebuah kegiatan yang berupa perjalanan sementara waktu yang dilakukan seseorang di luar tempat tinggalnya. Menurut Meyers, orang berwisata ingin memenuhi rasa ingin tahunya tentang tempat yang ia tuju, menghabiskan waktu liburan, atau aktivitas menghabiskan kekayaan.

Sedangkan dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan Bab 1 Pasal 1 menyatakan bahwa pengertian wisata adalah:

“Kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara”.

Dari pengertian wisata tersebut, kita tahu ada empat unsur di dalamnya, yaitu kegiatan perjalanan; dilakukan secara sukarela; bersifat sementara; perjalanan itu seluruhnya atau sebagian bertujuan untuk menikmati obyek dan daya tarik wisata.

Jenis-jenis Wisata

Wisata tidak hanya satu atau dua jenis saja. Ada banyak wisata yang ada dan dilakukan oleh masyarakat pada umumnya. Kali ini kita akan membahas jenis-jenisnya sesuai dengan kategori masing-masing.

Berdasarkan Letak Geografisnya.

Berdasarkan letak geografisnya dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu :

Lokal

Wisata lokal adalah perjalanan wisata ke tempat-tempat lokal yang ada di kota sendiri atau di tempat-tempat liburan yang dekat dengan tempat tinggal. Contohnya jika Anda tinggal di Jogja, bepergian ke Malioboro, Borobudur, Prambanan bisa dikategorikan sebagai wisata lokal.

Regional

Wisata regional memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Bagi masyarakat Indonesia, wisata regional bisa dilakukan dengan mengunjungi destinasi liburan di provinsi lain.

Contohnya seperti ketika Anda tinggal di Jawa Barat. Jika Anda mengunjungi Bali atau Lombok, maka dikatakan Anda sedang melakukan wisata regional.

Internasional

Wisata internasional adalah jenis kegiatan wisata yang dilakukan dengan ruang lingkup lebih luas lagi. Ini dilakukan dengan mengunjungi berbagai objek wisata di luar negeri dan seluruh dunia.

Berdasarkan Alasan atau Tujuan

Wisata juga dibedakan menjadi beberapa macam jika dilihat dari tujuan diadakannya aktivitas ini. Berikut ini beberapa macamnya.

Bisnis

Perjalanan ini didominasi oleh tujuan bekerja atau bisa dikatakan sebagai  perjalanan bisnis. Perjalanan bisnis biasanya dilakukan untuk hal-hal seperti mengikuti seminar, lelang, rapat dengan mitra usaha dan lain sebagainya.

Liburan

Wisata liburan adalah yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat. Hampir semua orang melakukan perjalanan wisata dengan tujuan untuk berlibur, bersenang senang dan melepaskan penat. Wisata liburan ini adalah obat terbaik untuk mengatasi stress dan banyak pikiran.

Pendidikan

Wisata pendidikan biasanya dilakukan oleh murid-murid sekolah dengan tujuan untuk menambah informasi mengenai tempat tertentu.

Umumnya mereka akan mengunjungi tempat-tempat yang penuh dengan pembelajaran dan sisi positif yang bisa diambil. Contohnya adalah kebun binatang, candi, museum dan semacamnya.

Berdasarkan Tempat Dikunjungi

Selain dua kategori di atas, masih ada lagi kategori umum untuk membedakan jenis wisata yang satu dan yang lainnya. Kali ini adalah jenis yang dibedakan berdasarkan tempat yang akan dikunjungi, yaitu :

Wisata Alam

Wisata alam adalah perjalanan liburan ke tempat-tempat liburan yang benar-benar alami seperti pegunungan, laut, danau bukit, air terjun dan lain sebagainya. Orang-orang yang mencintai alam biasanya lebih memilih wisata alam dari pada pergi ke wahana-wahana permainan buatan manusia.

Wisata Budaya

Wisata budaya merupakan perjalanan wisata yang dimaksudkan untuk menikmati suguhan budaya di tempat tujuan. Contohnya adalah mengunjungi festival karapan sapi di Madura, menonton pertunjukan tari dan seni musik tradisional dan lain sebagainya.

Wisata Pendidikan

Wisata pendidikan adalah perjalanan yang secara khusus ditujukan untuk menambah pengetahuan dan memperdalam ilmu. Wisata pendidikan biasanya dilakukan dengan mengunjungi sebuah kebun budidaya ikan, mengunjungi tempat penangkaran hewan tertentu dan lain sebagainya.

Wisata Bahari

Seperti namanya, wisata bahari berarti perjalanan wisata dengan tujuan untuk menikmati keindahan laut, baik di permukaan atau di dalam laut. Anda secara khusus datang ke tempat-tempat wisata yang memang memfasilitasi untuk menikmati keindahan laut lebih intensif seperti snorkeling, surfing dan lain sebagainya.

Wisata Sejarah

Wisata sejarah bertujuan untuk mempelajari perjalanan sejarah dan semua kejadian yang ada di masa lampau.

Wisata Kuliner

Wisata kuliner adalah perjalanan wisata yang dimaksudkan untuk mencoba dan mencicipi segala macam jenis makanan yang ada di suatu tempat tertentu. Semua makanan dan minuman khas akan dicoba satu persatu oleh wisatawan.

Wisata Religi

Wisata religi adalah sebuah perjalanan wisata ke tempat-tempat tertentu yang memiliki kaitan erat dengan hati dan jiwa. Perjalanan ini akan membuat wisatawan merasakan sebuah perjalanan hati dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Contoh perjalanan religi adalah perjalanan ke masjid agung, makam para perantara agama dan lain sebagainya.

Tujuan dan Manfaat Wisata

Setelah memahami semua pengertian wisata serta jenisnya berdasarkan kategori-kategori tertentu, berikut ini adalah tujuan dan manfaat dilakukannya sebuah aktivitas wisata. Diantaranya adalah :

Bagi wisatawan, tujuan melakukan wisata adalah mendapatkan kesenangan dan suka cita dari perjalanan tersebut. Bisa menikmati pemandangan berbeda di tempat wisata sebagai penyeimbang pemandangan monoton yang dirasakan sehari-hari. Selain itu, mereka juga mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru terkait tempat wisata yang dikunjungi.

Bagi tempat wisata, wisata sangat memberikan manfaat yang besar. Salah satunya adalah dari segi ekonomi. Umumnya, orang-orang yang tinggal di dekat tempat wisata akan ikut terangkat perekonomiannya ketika banyak wisatawan yang datang. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan kebanggaan karena tempat tinggalnya diminati oleh orang lain.

Itulah garis besar dari definisi, jenis dan manfaat wisata yang perlu Anda ketahui. Setidaknya, pengertian wisata ini akan sedikit membuka pengetahuan Anda apa yang harus diketahui tentang sebuah perjalanan wisata tentang wisata jatiluwih